Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Akuntansi ; adalah proses mengidentifikasi, mengukur, serta melaporkan Info ekonomi, untuk terlalu mungkin adanya penilaian dan ketetapan yang paham dan tegas bagi mereka yang menggunakan Info tersebut.

Pengertian Akuntansi Secara umum ; Akuntansi adalah proses Info yang memberi tambahan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai kegiatan ekonomi dan suasana perusahaan. Laporan akuntansi biasanya dilengkapi dengan laporan pembukuan sebagai pelengkap dalam melaporkan sebuah siklus pekerjaan.

Pengertian Pembukuan adalah pencatatan transaksi dibidang keuangan. Transaksi ini meliputi pencatatan penjualan, pembelian, pendapatan, dan pengeluaran yang dilakukan oleh perseorangan maupun organisasi. Pembukuan umumnya dilakukan oleh seorang pakar pembukuan.

Pembukuan tidak serupa bersama akuntansi. Proses akuntansi umumnya dilakukan oleh seorang akuntan. Akuntan memicu laporan dari transaksi keuangan tercatat yang ditulis oleh pakar pembukuan.

Terdapat lebih dari satu metode lazim pembukuan, misal proses pembukuan masukan-tunggal dan pembukuan berpasangan, kedua-dua proses ini dapat diamati sebagai pembukuan yang riel atau nyata. Dari setiap proses yang melibatkan atau menggunakan pencatatan transaksi keuangan itu adalah proses pembukuan.

Prinsip Akuntansi Yang Berlaku Dan Biasa Digunakan

Di bidang akuntansi dan keuangan khususnya audit di Indonesia, dikenal istilah prinsip akuntansi yang berlaku lazim di Indonesia (merupakan padanan dari frasa generally accepted accounting principles) adalah suatu istilah tehnis akuntansi yang mencakup konvensi aturan, dan prosedur yang dibutuhkan untuk membatasi praktik akuntansi yang berlaku lazim di wilayah spesifik pada pas tertentu.

Baca Juga : Pengertian Administrasi

Prinsip akuntansi yang berlaku lazim di suatu wilayah spesifik bisa saja tidak serupa dari prinsip akuntansi yang berlaku di wilayah lain. Oleh sebab itu, untuk laporan keuangan yang akan didistribusikan kepada lazim di Indonesia, harus disusun sesuai bersama prinsip akuntansi yang berlaku lazim di Indonesia.

Sesuai standar pelaporan pertama dari standar auditing, auditor dalam laporannya akan mengungkapkan dalam apakah laporan keuangan yang diaudit udah di sajikan sesuai bersama prinsip akuntansi yang berlaku lazim di Indonesia.

Pengertian Akuntansi Meurut Para Ahli

  • Pengertian Akuntansi Menurut C. West Churman
    C. West Churman merupakan seorang profesor administrasi bisnis di Universitas California. Dirinya dikenal pakar dalam bidang riset operasi dan asumsi sistem. Menurutnya akuntansi merupakan suatu pengalaman tertera yang berfaedah untuk pengambilan suatu keputusan.

    • Maka dengan begitu dapat disimpulkan sesuai dengan menurut pakar yang satu ini, akuntansi harus tertera dan fungsinya adalah dipakai untuk pengambilan suatu keputusan.
  • Pengertian Akuntansi Menurut Charles Thomas Horngren dan juga Walter T. Harrison
    Charles T.H adalah seorang profesor di bidang akuntansi di Universitas Stanford , sedang Walter T. Harrison adalah penulis yang telah menerbitkan banyak buku akuntansi.

    • Dalam sebuah buku yang diterbitkan bareng ke-2 pakar akuntansi ini, mereka berpendapat kalau akuntansi adalah proses Info yang mengukur kegiatan bisnis, memproses knowledge menjadi laporan, dan melaporkan hasilnya kepada para pemegang pengambil keputusan.
    • Dengan begitu, akuntansi dimaksudkan sebagai salah satu alat untuk mengukur kinerja bisnis sekaligus menggolongkan transasksi supaya berupa laporan keuangan. Dengan adanya laporan keuangan itulah sesudah itu ketetapan dapat diambil.
  • Pengertian Akuntansi Menurut Suparwoto L
    Suparwoto L adalah seorang dosen akuntansi di Universitas Gajah Mada. Dosen akuntansi jebolan California State University ini, dalam salah satu karyanya dulu mendefinisikan:

    • Akuntansi adalah sebagai suatu proses atau tehnik yang berfungsi untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan juga menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk Info kepada pihak-pihak intern Juga ekstern perusahaan. Pihak ekstern di sini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lain-lain.”
    • Dengan demikianlah dapat diringkas kalau akuntansi itu adalah sebuah tehnik mengukur dan memproses transaksi yang sesudah itu di sajikan dalam sebuah Info untuk di sajikan pada pihak-pihak yang berkepentingan.
  • Pengertian Akuntansi Menurut Arnold
    Dalam pandangan Arnold, akuntansi adalah suatu proses yang sediakan Info kepada siapa saja yang harus memicu ketetapan dan mengendalikan penerapan ketetapan tersebut.

Nah, itulah sejumlah definisi atau pengertian akuntansi dari para pakar akuntansi. Diharapkan sesudah memperhatikan penjelasan ini, anda menjadi lebih paham apakah memang akuntansi dan paham seperti apa proses akutansi itu dijalankan.