Pengertian Anak Menurut Ahli dan WHO Yang Belum Di ketahui

Diposting pada

Pengertian Anak Menurut Ahli dan WHO : anak adalah buah hati hasil dari dua insan yang di satukan oleh cinta dan kasih sayang, Sudah semestinya para orang tua menngetahui pengertian anak yang mungkin belum banyak di mengerti dan dipahami oleh sebagian orang tua.

Pengertian Anak
Pengertian Anak

Banyak sekali pendapat mengenai Pengertian anak baik menurut para ahli maupun menurut lembaga Internasioanl atau  WHO yang dalam kelembagaannya di namakan UNICEF sebagai perwakilan dari anak-anak seluruh dunia.

Pengertian Anak Menurut Para Ahli

  • Pengertian Anak Menurut Suryana
    Menurut Suryana seorang anak merupakan sebuah rahmat serta anugerah yang diberikan Allah sebagai penguji keimanan, sebuah media beramal yang menjadi bekal di akhirat, tempat bergantung ketika usia senja, dan makhluk yang wajib dididik.
  • Pengertian Anak Menurut Family Discovery
    Menurut family discovery Anda merupakan peran utama dalam menjalankan proses perjalanan yang sukses dalam kehidupan.
  • Pengertian Anak Menurut Nurhayati Puji Astuti
    Menurut beliau seorang anak adalah buah hati tercinta dimana kelak orang tua menaruh harapan pada sang anak ketika orang tua telah lanjut usia.

Dari pengertian menurut para ahli tentunya dapat diambil sebuah pembelajaran bahwa anak adalah anugerah terindah dalm sebuah rumah tangga.

Sehingga sudah selayaknya kita sebagai orang tua untuk selalu menjaga dan menyayangi selalu.

Dalam kancah internasional atau menurut WHO anak dapat di definisika sebagai berikut:

Oleh lembaga dunia yaitu UNICEF mendefenisikan anak adalah sebagai penduduk yang berusia antara 0 sampai dengan 18 tahun.

Kemudian dalam Undang-Undang RI Nomor 4 tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak, menyebutkan bahwa anak adalah mereka yang belum berusia 21 tahun dan belum menikah.

Sedangkan Undang-undang Perkawinan menetapkan batas usia 16 tahun (Huraerah, 2006: 19).

Oleh karena itu, secara keseluruhan dapat dilihat bahwa rentang usia anak terletak pada skala 0 sampai dengan 21 tahun.

Sedangkan penjelasan mengenai batas usia 21 tahun ditetapkan berdasarkan pertimbangan kepentingan usaha kesejahteraan sosia.

Kematangan pribadi dan kematangan mental seseorang yang umumnya dicapai setelah seseorang melampaui usia 21 tahun.

Berikut ini Undang Undang Tentang Kesejahteraan Anak

Dalam pasal 2 Undang-undang Nomor 4 tahun 1979 tentang kesejahteraan Anak, disebutkan bahwa :

  • Anak berhak atas kesejahteraan, perawatan, asuhan, dan bimbingan berdasarkan kasih sayang, baik dalam keluarganya maupun dalam asuhan khusus untuk tumbuh dan berkembang dengan wajar.
  • Anak berhak atas pelayanan untuk mengembangkan kemampuan dan kehidupan sosialnya, sesuai dengan kebudayaan dan kepribadian bangsa, untuk menjadi warga negara yang baik dan berguna.
  • Anak berhak atas pemeliharaan dan perlindungan, baik semasa kandungan maupun sesudah dilahirkan.
  • Anak berhak atas perlindungan terhadap lingkungan hidup yang dapat membahayakan atau menghambat pertumbuhan dan perkembangan dengan wajar (Huraerah, 2006: 21)

⇒Artikel Lain : Pengertian filsafat

Akan Tetapi, dengan adanya perkembangan zaman yang semakin canggih saat ini, pergaulan anak juga harus diperhatikan dengan sangat seksama.

Dengan siapa anak bergaul dan dengan siapa anak berteman dapat mempengaruhi hidup dan perjalanan hidupnya kelak saat dewasa.

Oleh sebab itu,harus adanya pendidikan agama sedari dini perlu ditanamkan agar anak dapat memilah dan memilih hal yang baik dan buruk bagi mereka.

Kesimpulan

Dengan memahami pengertian anak sebaiknya orang tua harus mampu mempersiapkan diri untuk bekal pendidikan anaknya kelak.

Demikian  Pengertian anak yang Gudang Pengertian dapat sajikan, semoga bermanfaat untuk kita semua dan terimakasih sudah berkunjung semooga keluarga anda sehat selalu dan senantiasa di berikan limpahan rizki.