Pengertian Aplikasi, Menurut Para Ahli

Diposting pada

Pengertian Aplikasi ; Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan, lamaran, penggunaan. Secara makna aplikasi adalah program siap gunakan yang dibuat untuk melaksanakan suatu kegunaan bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan mampu digunakan oleh sasaran yang dituju.

Aplikasi mampu dikatakan suatu perangkat lunak yang siap gunakan bersama dengan menggerakkan instruksi-instruksi berasal dari pengguna (user), aplikasi banyak diciptakan untuk menolong beraneka keperluan,

Pengertian Aplikasi ; Aplikasi perangkat lunak (bahasa Inggris: software application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang gunakan kebolehan komputer langsung untuk melaksanakan suatu tugas yang di idamkan pengguna. Biasanya dibandingkan bersama dengan perangkat lunak proses yang mengintegrasikan beraneka kebolehan komputer, tetapi tidak secara langsung menerapkan kebolehan selanjutnya untuk mengerjakan suatu tugas yang untung pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.

Beberapa aplikasi yang digabung bersama dengan menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang memadukan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta sebagian aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi di dalam suatu paket umumnya miliki antarmuka pengguna yang miliki kesamaan agar memudahkan pengguna untuk mempelajari dan gunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka miliki kebolehan untuk saling berinteraksi satu sama lain agar untung pengguna

Pengertian Aplikasi Secara umum, aplikasi merupakan sebuah alat terapan yang difungsikan secara khusus dan terpadu sesuai bersama dengan kebolehan yang dimilikinya. Secara etimologi, aplikasi berasal berasal dari bhs inggris yaitu Application yang artinya penerapan, lamaran dan penggunaan. Secara makna aplikasi merupakan sebuah program siap gunakan yang dipakai untuk melaksanakan suatu kegunaan bagi pengguna atau aplikasi yang lain dpat digunakan oleh sasaran yang dituju.

Dapat dikatakan juga, bahwa aplikasi merupakan suatu perangkat lunak yang siap gunakan bersama dengan menggerakkan instruksi-instruksi berasal dari pengguna (user), aplikasi banyak diciptakan untuk menolong beraneka keperluan, layaknya contoh : memicu laporan, percetakan dan lain-lain.

Pengertian Aplikasi Menurut Para Ahli

  • Ali Zaki dan Smitdev Community
    Menurut Ali Zaki dan Smitdev Community, Aplikasi merupakan komponen yang berfaedah sebagai fasilitas untuk menggerakkan pengolahan data ataupun beraneka aktivitas lainnya layaknya pembuatan ataupun pengolahan dokumen dan file.
  • Sri Widianti
    Menurut Sri Widianti, Aplikasi merupakan sebuah software (perangkat lunak) yang bertugas sebagai front end terhadap sebuah proses yang dipakai untuk mengelolah beraneka macam data agar menjadi sebuah Info yang berfaedah untuk penggunanya dan termasuk proses yang berkaitan.
  • Yuhefizar
    Menurut Yuhefizar, Aplikasi adalah program yang sengaja dibuat dan dikembangkan sebagai pemenuh kebutuhan penggunanya di dalam menggerakkan suatu pekerjaan tertentu.
  • Harip Santoso
    Menurut Harip Santoso, Aplikasi merupakan sebuah group file (class, form, report) yang ditujukan sebagai pengeksekusi aktivitas khusus yang saling berkaitan layaknya contohnya aplikasi payroll dan aplikasi fixed asset.
  • Hengky W. Pramana
    Menurut Hengky W. Pramana, pengertian aplikasi adalah satu unit perangkat lunak yang sengaja dibuat untuk memenuhi kebutuhan bakal beraneka aktivitas ataupun pekerjaan, layaknya aktivitas perniagaan, periklanan, pelayanan masyarakat, game, dan beraneka aktivitas lainnya yang dikerjakan oleh manusia.
  • Jogianto
    Menurutnya, aplikasi adalah penggunaan di dalam komputer, intruksi atau pernyataan, yang disusun sedemikian rupa agar komputer mampu mengolah input dan menjadi output.
  • KBBI
    Menurut KBBI, aplikasi adalah penerapan berasal dari rancang proses untuk mengolah data yang gunakan aturan atau keputusan bhs pemograman tertentu. Aplikasi merupakan suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus berasal dari pengguna
  • Rachmad Hakim S
    Menurutnya, aplikasi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk obyek tertentu, layaknya mengolah dokumen, sesuaikan Windows dan permainan dll.
  • Hendrayudi
    Menurutnya, aplikasi adalah kumpulah perintah program yang sibuat untuk melaksanakan pekerjaan pekerjaa tertentu.
  • Hengky W.Pramana
    Menurut beliau aplikasi adalah suatu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan bakal sebagian aktivitas layaknya proses perniagaan, game pelayanan masyarakat, atau semua proses yang hampir dikerjakan manusia.
  • Ibisa
    Menurutnya. aplikasi adalah alat bantu untuk mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan dan melaksanakan beban bagi pengguna.
  • Eko. I & Djokopran
    Menurutnya, aplikasi adalah proses atau prosedur aliran data di dalam infrastruktur teknologi Info yang mampu dimanfaatkan oleh para pengambil keputusan yang sesuai bersama dengan jenjang dan kebutuhan.

Banyak apalikasi tercipta saat ini karena kemajuan zaman yang semakin canggih, sehingga dengan aplikasi ini mampu memudahkan kita. Silahkan subscrib untuk dapat artikel terbaru dari gudangpengertian.com