Pengertian Asam Lambung Lengkap Dengan Tanda Dan Cara Mengobatinya

Diposting pada

Pengertian Asam Lambung ; Sahabat ku semua Asam lambung sangat sering dialami oleh banyak orang di saat  ini. Gejaala Asam Lambung sering disebut gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan.

Penyebabnya adalah karena pola makan yang tidak teratur sehingga menyebabkan perih dan mual. Kondisi ini terjadi karena lambung memproduksi asam yyang berlebih dari takaran, Kegunaan asam adalah untuk mencerna makanan dalam lambung kita.

Bahkan, saat tidur pun lambung tetap saja memproduksi asam walaupun tidak ada makanan yang harus dihancurkan.

Asam Lambung
                                                                                              Asam Lambung

Tanda Tanda Asam Lambung Naik

Kenapa Asam lambung dapat naik ke kerongkongan karena akibat katup antara kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik. Kondisi yang seperti ini disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Gejala yang ditimbulkan oleh GERD ini dapat meliputi sakit pada dada atau biasanya nyeri pada ulu hati, sulit menelan, dan mulut terasa asam/pahit karena asam naik ke kerongkongan, sehingga perut terasa tidak nyaman.

Sahabatku semua ingatlah bahwa sesungguhnya kesehatan adalah modal kita untuk bisa terus membahagiakan orang-orang yang kita cintai di sekitar kita.

Baca Juga : Pengertian Pasar Modal, Fungsi, Instrumen Lengkap Dengan Jenisnya

Tanda – Tanda Lain

Nyeri perut

Rasa nyerian perut ini bisa di alami oleh siapapun tak pandang usia dari mulai anak-anak hingga dewasa. Biasanya orang yang mengalaminya susah sekali dalam melakukan sesuatu hal apapun, baik berjalan atau pun untuk berdiri saja terasa sakit.

Oleh karenanya, jangan pernah membiarkannya terlalu lama, karena dapat berefek buruk bagi kesehatan. Namun Jangan menganggap penyakit ini sebagai penyakit yang gampangan yang nantinya akan membuat kondisi semakin memburuk.

Mual

Rasa mual yang di alami pada seseorang pasti memiliki penyebabnya. Dan biasanya penyebab mual bisa karena kehamilan, telat makan dan terserang penyakit.

Mual di mana isi perut akan di muntahkan,disaat mengkonsumsi maka dan minuman apapun tidak dapat masuk karena perut terasa eneg. Cara mengobati penyakit ini bisa dengan menggunakan air putih hangat

Mual adalah bagian dari tanda tanda asam lambung naik. Jangan menganggap gejala ini sepele, karena mual ini ada sebagian orang yang mengalaminya dalam waktu yang lama.

Perut kembung

Perut kembung itu bisa  seperti perut buncit sehingga membesar. Kekembungan biasanya akan mengakibatkan dahaga atau bersendawa yang berkelanjutan

Muntah

Banyak penyebab yang bisa menyebabkan kemuntahan terjadi. Jika sudah muntah pasti tubuh mengalami rasa lemas yang di wajibkan untuk beristirahat. Tanda tanda asam lambung naik adalah dengan terjadinya kemuntahan.

Bersendawa

Bersendawa sering di alami, jika kita masuk angin atau kenyang dalam mengkonsumsi makanan. Tapi jika berdahak terjadi secara terus-menerus merupakan tanda asam lambung naik.

Susah menelan

Ketika kita mengunyah makanan dan jika ingin menelan terasa susah, ada beberapa hal penyebabnya, antara lain : Sakit radang tenggorokan, faringitis, sakit tenggorokan karena amandel.

Tapi pada tanda tanda asam lambung naik juga bisa mengalaminya. Segera lakukan pengkonsultasian pada dokter, agar dapat di sembuhkan dengan tepat.

Sakit tenggorokan kronis

Penyebab sakit tenggorokan seperti mengkonsumsi makanan yang panas, pedas serta berminyak . Hal ini dapat di alami dari yang muda hingga tua.

Rasa sakit pada tenggorokan bila di obatinya telat akan berakibat kronis. sakit tenggorokan gejala yang di alaminya adalah kekeringan pada kerongkongan, sakit dan susah menelan.

Mengobatinya bisa dengan madu yang caranya di minum dengan sudah di campurkan perasan jeruk nipis.

Kehilangan berat badan

Tanda tanda asam lambung naik adalah dintandai dengan berat badan yang menurun. Sehingga hal ini bisa mengakibatkan tubuh makin lama semakin kurus seperti kekurangan gizi.

Mengobati Asam Lambung dengan Ramuan Alami

Di rumah, Anda juga dapat mencoba membuat ramuan alami. Inilah beberapa contoh di antaranya:

Jahe

Rempah-rempah seperti  ini bisa dapat membantu dalam proses pengosongan asam lambung . Cara meramunya adalah dengan menggunakan jahe bubuk atau bisa juga jahe mentah sekitar 1-2 gram untuk dikonsumsi satu jam sebelum makan.