Pengertian Gudang Dan Macam-macam Gudang Serta Fungsinya

Diposting pada

Salam Jumpa sahabat Gudang Pengertian Kali ini admin akan membahas tentang Pengertian Gudang Dan Macam-macam Gudang Serta Fungsinya yang setiap pekerjaan atau bahkan dalam setiap rumah pasti ada sebuahh ruangan yang di manfaatkan sebagai gudang.

Pengertian Gudang Dan Macam-macam Gudang Serta Fungsinya

 

Pengertian Gudang

Gudang adalah sebuah tempat atau sebuah ruangan yang sengaja di buat untuk menyimpan atau menaruh barang barang yang jika dalam perdagangan di manfaatkan untuk meletakkan barang atau stock dagangan namun jika dalam sebuah rumah di manfaatkan untuk menaruh barang-barang perabot atau barang bekas rumah tangga.

Barang yang kita simpan di gudang harus kita perhatikan sebab gudang identik menyimpan pula debu yang di akibatkan jarangnya di bersihkan. Rata-rata gudang harus diperhatikan tata letaknya tidak boleh di area yang lembab atau bassah, sebab area ini bisa membuat baarang yang kita simpan akan cepat rusak.

Mengapa gudang harus ada; sebab di kebanyakan fungsi gudang adalah sebagai tempat penyimpanan yang biasa di manfaatkan sebagai tempat menaruh persediaan barang agar biaya pengiriman atau menstabilkan harga barang yang di jual. Jika sebuah barang daganga banyak jumlahnya shingga tidak langka dimpasaran tentunya harga barang tersebut tidak melambung tinggi.

Macam-Macam Gudang

  • Jenis Gudang Yang Tertutup
    • Gudang yang tertutup banyak sekali dimanfaatkan oleh masyarakat, sebab jenis gudang ini yang bisa dikategorikan jenis gudang yang sangat aman baik dalam hal mejaga kestabilan kondisi lembab atau tidak juga dalam hal menjaga keamanan barang yang di simpan dalam gudang tersebut. Biasanya jenis gudang ini dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang yang mudah rusak oleh cuaca lembab atau basah sehingga membutuhkan sebuah gudang yang tertutup.
  • Jenis Gudang Terbuka
    • Gudang yang terbuka dimanfaatkan untuk menaruh barang yang besar atau sangat besar yang tidak mudah terpengaruh dengan cuaca dan rata–rata sifatnya hanya sementara saja barang tersebut di letakkan di dalam gudang tersebut. Gudang jenis ini biasanya tidak berdinding sehingga sirkulasi udara sengat mudah berganti.
  • Gudang Anti Bakar
    • Gudang jenis ini jarang sekali di punyai olrh masyarakat sebab gudang ini dimanfaatkan untuk menyimpan barang-baran berharga yang mudah terbakar seperti kertas berharga atau uang. Yang biasa meanfaatkan gudang jenis ini adalah bank atau perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan.

Baca Juga Yuk : Pengertian Pendidikan Nasional Dan Makna Pendidikan

Fungsi Gudang

  • Gudang Sebagai Pensuport Pruduksi
    • Dalam hal produksi sebuah perusahaan dalam hal memenuhi permintaan pasar maka gudang sangat besar peranannya dalam hal menyimpan stok atau persediaan bahan baku untuk menunjang peningkatan produksi barang pesanan atau dagangan.
  • Gudang Sebagai Tempat Penampungan sementara
    • Barang-barang mentah biasanya di simpan dalam sebuah gudang yang nantinya akan di  asembling atau di rakit menjadi sebuah satu kesatua sehingga menjadi sebuah produk yang layak jual.
  • Gudang Sebagai Tempat menyiman Barang berharga
    • Barang berharga sangat wajib di simpan dan dijaga hal ini sangat erat kaitannya denga gudang jika barang yang kita simpan dalam jumlah banyak sebab jika tidak tentu akan sangat membutuhkan ruang yang tersendiri dengan volume yang besar agar barang berharga tersebut muat dalam satu ruangan.

Demikian sedikit penjelasan tentang Pengertian Gudang Dan Macam-macam Gudang Serta Fungsinya, semoga bermanffaat untuk kita semua dan silahkan memilih gudang sebagai tempan penyimpanan barang-barang anda sesuai produk yang anda miliki agar aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.