Pengertian HAM [Hak Asasi Manusia]

Diposting pada

Dalam kehidupan bermasyarakat serta bernegara kadangkala tetap ada pelanggaran hak asasi manusia. Karena tetap minimnya pengertian HAM di dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Pengertian Hak Asasi Manusia [HAM] adalah seperangkat hak yang menempel terhadap hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugerah-Nya yang harus dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara, hukum, Pemerintah, dan tiap tiap orang demi kehormatan serta pemberian harkat dan martabat manusia.

Pengertian HAM
                   Pengertian HAM

Yang harus disadari adalah bahwa Hak Asasi Manusia atau HAM adalah hak-hak yang telah dipunyai oleh seseorang sejak ia tetap di dalam kandungan.

Hak asasi manusia bisa berlaku secara universal.

Secara harfiah Hak Asasi Manusia adalah prinsip-prinsip ethical atau norma-norma.

Yang menggambarkan standar khusus dari tingkah laku manusia, dan dilindungi secara tertib sebagai hak-hak hukum di dalam hukum Nasional maupun internasional.

Hak Asasi Manusia biasanya dimengerti sebagai hal yang perlu sebagai hak-hak dasar yang seseorang secara inheren berhak dikarenakan dia adalah manusia, dan yang menempel erat terhadap seluruh manusia tidak menyaksikan dari bangsa, suku, bahasa, agama, asal-usul etnis atau status lainnya.

HAM diberlakukan di mana-mana dan terhadap tiap tiap kali di dalam arti yang universal, dan ini egaliter di dalam arti yang serupa bagi tiap tiap orang.

HAM perlu empati dan ketetapan hukum serta mewajiban seluruh orang untuk menjunjung hak asasi manusia dari orang lain.

Hal ini tanpa jika sebagai hasil dari sistem hukum berdasarkan situasi tertentu; misalnya, hak asasi manusia barangkali termasuk kebebasan dari penjara melanggar hukum , penyiksaan, dan eksekusi.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

  • Pengertian HAM menurut C. de Rover

HAM adalah hak hukum yang serupa kepada tiap tiap manusia baik kaya atau miskin, laki-laki maupun wanita.

Walaupun hak-hak yang telah mereka langgar bakal tapi ham mereka selalu tidak bisa dihilangkan.

Hak asasi adalah hukum, yang harus terlindungi dari ketetapan nasional supaya sepenuhnya terpenuhi supaya ham bisa ditegakkan, dijunjung tinggi serta dilindungi.

  • Pengertian HAM menurut Austin-Ranney

HAM adalah area kebebasan bagi tiap tiap individu yang dirumuskan bersama dengan rinci dan memahami di dalam konstitusi serta telah dijamin pelaksanaannya oleh pemerintah.

  • Pengertian HAM menurut Jack Donney

HAM adalah hak-hak yang dimiliki oleh manusia sekedar dikarenakan dia sebagai seorang manusia.

Umat manusia memilikinya bukan dikarenakan yang diberikan kepadanya oleh masyarakat atau mengacu terhadap hukum positif, melainkan itu berdasar terhadap terdapatnya martabat sebagai seorang manusia dan Hak berikut merupakan suatu pemberian Tuhan YME

  • Pengertian HAM menurut Karel Vasak

HAM di klasifikasikan dari tiga generasi yang terinspirasi oleh tiga tema terhadap Revolusi Perancis, yaitu: Generasi Pertama; Hak Politik dan Sipil (Liberte); Generasi Kedua, Hak Sosial, Ekonomi dan Budaya (Egalite) dan Generasi Ketiga, Hak Solidaritas (Fraternite). Tiga generasi berikut harus dimengerti sebagai satu kesatuan, saling melengkapi dan saling berkaitan.

Vasak menggunakan istilah “generasi” untuk menunjuk terhadap area lingkup dan substansi hak-hak yang diprioritaskan terhadap satu kurun saat tertentu.

  • Pengertian HAM menurut Prof. Koentjoro Poerborpranoto

HAM adalah suatu hak yang berwujud fundamental atau mendasar atau asasi.

Yang dimiliki oleh tiap tiap orang atau manusia mengacu terhadap kodratnya yang terlalu mendasar dan tidak bakal bisa terpisahkan dikarenakan itu berwujud suci dari Ilahi.

|Baca Juga : Pengertian Demokrasi Pancasila

Pengertian HAM Menurut Undang-undang

Dasar-dasar HAM yang tertuang di dalam deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat atau Declaration of Independence of USA serta yang dicantumkan di dalam UUD 1945 Republik Indonesia, seperti yang terkandung terhadap pasal 28A sampai 28J Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945.

Adapun hal yang dibahas di dalam tiap tiap pasal sebagai berikut.

  • Pasal 28A menyesuaikan berkenaan hak hidup

Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak menjaga hidup dan kehidupannya.

  • Pasal 28B menyesuaikan berkenaan hak berkeluarga

Setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan lewat perkawinan yang sah.
Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh, dan berkembang serta berhak atas pemberian dari kekerasan dan diskriminasi.

  • Pasal 28C menyesuaikan berkenaan hak memeroleh pendidikan

(1) Setiap orang berhak mengembangkan diri lewat pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan mendapatkan kegunaan dari ilmu ilmu dan teknologi, seni dan budaya, demi menambah kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia.
(2) Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya di dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan negaranya.

  • Pasal 28D menyesuaikan berkenaan kepastian hukum

(1) Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang serupa dihadapan hukum.
(2) Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak di dalam interaksi kerja.
(3) Setiap warga negara berhak mendapatkan peluang yang serupa di dalam pemerintahan.
(4) Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan.

  • Pasal 28E menyesuaikan berkenaan kebebasan beragama

(1) Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya, menentukan pendidikan dan pengajaran, menentukan pekerjaan, menentukan kewarganegaraan, menentukan area tinggal diwilayah negara dan meninggalkannya, serta berhak kembali.
(2) Setiap orang atas kebebasan yakin kepercayaan, menyatakan asumsi dan sikap, cocok bersama dengan hati nuraninya.
(3) Setiap orang mempunyai hak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

  • Pasal 28F menyesuaikan berkenaan komunikasi dan informasi

Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan mendapatkan Info untuk mengembangkan khusus dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan mengemukakan Info bersama dengan menggunakan segala tipe saluran yang tersedia.

  • Pasal 28G menyesuaikan Hak pemberian diri

(1) Setiap orang berhak atas pemberian diri pribadi, keluarga, kehormatan, martabat, dan harta benda yang dibawah kekuasaannya, serta berhak atas rasa aman dan pemberian dari ancaman kegelisahan untuk berbuat atau tidak berbuat suatu hal yang merupakan hak asasi.
(2) Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan dan perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia dan berhak mendapatkan suaka politik dari negara lain.

  • Pasal 28h menyesuaikan kesejahteraan dan mendapat jaminan sosial

(1) Setiap orang berhak untuk hidup sejahtera baik lahir dan batin, bertempat tinggal, dan medapatkan lingkungan hidup baik dan sehat serta berhak mendapatkan service kesehatan.
(2) Setiap orang mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk mendapatkan peluang dan kegunaan yang serupa kegunaan mencapai persamaan dan keadilan.
(3) Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan dalam pengembangan dirinya sendirisecara utuh sebagai manusia yang punyai martabat.
(4) Setiap orang berhak membawa hak punya khusus dan hak punya berikut tidak boleh diambil alih alih secara sewenang-wenang oleh siapa pun.

  • Pasal 28I menyesuaikan hak-hak dasar asasi manusia

(1) Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan asumsi dan hati nurani, hak beragama, hak untuk tidak diperbudak, hak untuk diakui sebagai khusus dihadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak bisa dikurangi di dalam situasi apa pun.
(2) Setiap orang berhak bebas atas perlakuan yang berwujud diskriminatif atas dasar apa pun dan berhak mendapatkan pemberian terhadap perlakuan yang berwujud diskriminatif itu.
(3) Identitas budaya dan hak masyarakat tradisional dihormati cocok bersama dengan pertumbuhan zaman dan peradaban.
(4) Perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggung jawab negara, terlebih pemerintah.
(5) Untuk menegakan dan merawat hak asasi manusia cocok bersama dengan komitmen negara hukum yang demokratis, maka pelaksanaan hak asasi manusia dijamin, diatur, dan dituangkan di dalam ketetapan perundangan-undangan.

  • Pasal 28J menyesuaikan berkenaan penghormatan HAM

(1) Setiap orang harus menjunjung hak asasi manusia orang lain di dalam tertib kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

(2) Dalam mobilisasi hak dan kebebasannya, tiap tiap orang harus tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan bersama dengan undang-undang bersama dengan maksud sekedar untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil cocok bersama dengan pertimbangan moral, nilai-nilai agama, keamanan, dan ketertiban lazim di dalam suatu masyarakat demokratis.

Kewajiban Asasi adalah menghargai,menghormati, dan merawat hak asasi orang lain. Jadi tiap tiap manusia harus lakukan kewajiban asasi supaya tercipta ketertiban dan kedamaian di dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

|Baca Juga : Pengertian Bank Menurut Para Ahli

Semoga ini bermanfaat dan bisa jadi sumber reverensi anda, sekaligus bisa menyadarkan kita bahwa pentingnya saling menjunjung antar sesama mahluk terlebih menjunjung Hak-hak dan kewajiban kita sebagai sesama manusia.

Pengertian HAM ini di tulis untuk mengenang para pahlawan HAM yang telah gugur di dalam memperjuangkan dan mensuarakan berkenaan HAM kepada para pelangggar HAM di seluruh dunia, semoga tak ada ulang pelanggaran-pelanggaran serupa di dunia ini.