Pengertian Hijab Syar’i Dan Jilbab Menurut Islam Lengkap Dengan Dalilnya

Diposting pada

Yang dimaksud dengan hijab syari disini merupakan penghambat seseorang dalam progres mencari dan memahami serta menangkap makna kemurnian dan kebenaran agama secara lahir dan bathin dalam tujuan mendekatkan diri sedekat-dekatnya pada Allah.

Untuk lebih terang seputar makna dan hakekat dari Hijab, dibawah ini akan diuraikan secara singkat.

Pengertian Hijab
                         Pengertian Hijab

Hijab berasal dari kata hajaba yang berarti menyembunyikan, yaitu menyembunyikan sesuatu dari pandangan seseorang.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, Hijab berma’na: dinding yang mengendalikan sesuatu dengan yang lain, dinding yang mengendalikan hati manusia dengan Allah.

Berdasarkan Muhammad Nasruddin, bahwa Hijab bukanlah berupa baju wanita, akan tapi apa saja yang menutupi atau memisahkannya berupa tembok, kain korden atau yang serupa.

Dalam kamus arab, Hijab jama’nya “hujuubuun” yang artinya penutup , tabir, tirai, layar, sekat.

Penyebutan Pengertian Hijab dalam Al-Qur’an dan Hadis

Sebagaimana diperjelas dalam Al-Qur’an dan Hadits Nabi seputar Hijab (jilbab), diantaranya adalah :

Firman Allah SWT, dalam Al-Quran Surah Al-A’raf ayat 46.

“Dan diantara keduanya ( penghuni surga dan neraka) ada batas: dan diatas A’raf itu ada orang-orang yang mengetahui masing-masing dari dua kategori itu dengan petunjuk-petunjuk mereka. Dan mereka menyeru penduduk surga: “salaamunalaikum”. Mereka belum lagi memasukinya, sedang mereka berharap langsung (memasukinya)” (QS. Al-A’raf: 46).

Firman Allah dalam surat Al Israa’ ayat 45 “Dan seandainya kau membaca Al-Qur’an niscaya kami adakan antara kau dan orang-orang yang tak beriman terhadap kehidupan akhirat, suatu ndinding yang tertutup”(QS.Al-Isra: 45)

Firman Allah swt dalam surat Maryam ayat 16-17.

“Dan ceritakanlah (kisah) Maryam di dalam Al-Qur’an adalah dikala dia menjauhkan diri dari keluarganya ke suatu daerah sebelah Timur, karenanya dia mengadakan tabir (yang melindunginya) dari mereka, lalu kami mengutus roh kami kepadanya, karenanya dia menjelma dihadapannya (dalam wujud) manusia yang total” (QS.Maryam: 16-17)

Firman Allah swt, dalam surat Al-Ahzab 53.“Bila kau minta sesuatu (kebutuhan) terhadap mereka (isteri-isteri Nabi), karenanya mintalah dari belakang tabir. Sistem (cara) yang demikian itu sungguh lebih suci bagi hatimu dari hati mereka”. (QS. Al-Ahzab: 53)

Firman Allah swt, dalam surat Shaad ayat 31-32.(Ingatlah) dikala di pertunjukkan kepadanya kuda kuda yang hening di waktu berhenti dan kencang waktu berlari pada waktu petang.

Karenanya dia berkata” hakekatnya saya menyenangi kepada kesenangan kepada barang yang bagus (kuda), sehingga saya lalai mengingat Tuhanku hingga kuda itu sirna dari pandangan.”(QS.Shaad: 31-32).

Firman Allah swt, dalam surat Fushilat ayat 5. Mereka reka berkata: “hati kami berada dalam ketutupan (yang menutupi) apa yang kami mengasyikan kami kepadanya, dan ditelinga kami ada sumbatan dan diantara kami dan kau ada dinding, karenanya bekerjalah kau; hakekatnya kami berprofesi (pula)”.(QS Fushilat:5)

Firman Allah swt dalam surat Asy-Syura ayat 51 Dan tak ada bagi seorang manusia bahwa Allah berkata- kata dengan perantara wahyu maupun di belakang tabir atau mengutus seorang utusan (malaikat) lalu di wahyukan kepadanya dengan seizin-Nya apa yang Ia kehendaki. Sebenarnya Ia maha tinggi lagi maha bijak.” (QS.Asy-Syura:51)

Analis Definisi Hijab (Jilbab) dalam Islam

Ayat-ayat suci ini menampilkan bahwa Hijab (jilbab) berarti sesuatu yang menghambat antara dua sisi, sehingga salah satu dari keduanya tak mengamati yang lain, yaitu tak adanya penglihatan yang total.

Jadi yang demikian itu tak mungkin baju yang dikenakan manusia, karena bagaimanapun juga kadar dan jenisnya, pun sekalipun menutup badan perempuan sampai wajahnya, karenanya dia tak menghambat perempuan ini untuk mengamati manusia yang ada di sekelilingnya, dan juga tak menghambat manusia untuk mengamati diri perempuan itu, padahal ia mengenakan baju hitam dari ujung kepala – bersama mukanya- sampai ujung telapak kakinya.

Hijab yang termuat dalam firman-Nya, “karenanya mintalah mereka dari belakang Hijab” merupakan tirai yang ada di dalam rumah dan diwariskan untuk memisahkan antara majelis kaum lelaki dan majelis kaum perempuan.

Terang sekali bahwa istri-istri Nabi saw diperintahkan supaya mengobrol dengan laki-laki non mahram di balik tabir, dan tabir tentu saja menutupi sosok mereka.

Dalam ayat “….metode yang demikian lebih suci bagi hatimu dan hati mereka…..” berdasarkan Ath- Thabrani di kutip oleh Abdullah Halim Abu syuqqoh agar kedua belah pihak terhindar dari beragam penyimpangan pandangan mata yang bisa menggerakkan hati laki-laki sebab mengamati wanita dan juga menggugah hati wanita sebab mengamati laki-laki.

Hal itupun lebih bagus supaya tak ada celah bagi setan untuk menarik hati kedua belah pihak.

Dengan demikian jilbab berarti suatu himbauan untuk menjaga batas, yang dialamatkan terhadap kedua belah pihak bagus terhadap laki-laki atau perempuan.

Manfaat Hijab

  • Terlindungi dari sengatan panas sang surya.

    • Faktanya kini merupakan wanita-wanita yang tidak mengenakan hijab jikalau keluar rumah dan berjalan pasti akan menikmati panas, rambut yang lembab, lepek, dan mungkin sebab kepanasan rambut hitamnya menjadi berubah warna lebih orange.
    • Jadi, gizi rambut malah berkurang. melainkan muslimah-muslimah yang menggunakan hijab pasti akan terlindungi.
    • Karena rambutnya ditutupi oleh kain yang panjang dan tak tipis. Ini membikin rambut tidak akan kehilangan nutrisinya.

Artikel Lain : Pengertian Perpajakan

  • Terjaga kehormatannya dan Pria malah segan untuk menggodanya

    • Sadar tak? Jikalau wanita yang tak menggunakan hijab lalu jalan di depan laki-laki. Kali sekali laki-laki itu berkata, “Siut..Siut!”. Iya bukan? Melainkan jikalau muslimah berjalan melainkan mungkin saja sebab tidak ada jalan lain wajib lewat seorang laki-laki, laki-laki itu pun berkata” Assalamua’alikum”.
    • Apabila teman mengalami seperti ini cukup jawab dalam hati. Tak perlu, dijawab dengan bunyi terdengar. Nah kini Cantik berharap tanya, teman muslimah berharap pilih yang mana? Itu alternatif diri sendiri kok.
  • Giat untuk terus menuntut ilmu

    • Walau ilmu tak bersalah, melainkan wanita yang hijab mungkin menyukai ditanya-tanya oleh orang yang belum tahu sesuatu. Dia tak? Makanya itu pentingnya menuntut ilmu secara kaffah. Kita orang muslim! Seharusnya dapat mahir menjawab suatu pertanyaan.
  • Terjaga dari polusi dan debu

    • Siapa sih yang tak tahu Jakarta? Ibukota Indonesia. Telah tentu cuaca panas, penuh debu dan polusi. Kita tidak perlu terhipnotis dengan iklan shampoo yang menggiurkan. Yang menggunakan extras gingseng lah, kulit buaya, daun sirih, rempah-rempah. Ditambah lagi dengan conditioner dan lain-lainnya. Tidak perlu repot membeli seluruh jenis rupa untuk digunakan.
    • Beli shampoo yang berdasarkan teman pantas. Tidak usah gunakan yang jenis-jenis lagi. Kemudian, ada lagi. Yang namanya Jakarta pasti banyak debu sama polusi. Apalagi seandainya si kecil SMP jalan dari rumah ke sekolahnya.
    • Pasti banyak deh debu-debunya kemudian pulang-pulang suruh cuci muka supaya jerawat enggak tumbuh (Kok jadi cerita pengalaman?) Hehe, Apabila yang ini sih, gunakan cadar aja 😀 Biar konsisten terlindungi!
  • Kemuliaan Nampak

    • Allah dan Rasul-Nya benar-benar memuliakan wanita.
    • Mereka inginagar wanita-wanita muslimah menutup auratnya layak syariat.
    • Supaya mereka terjaga kemuliaannya.
    • Rambut wanita yang diperlihatkan menjadi mahkota yang umum-umum saja.
    • Sebab segala orang telah tahu seperti apa mahkotanya.
    • melainkan wanita muslimah yang menggunakan hijabnya mewujudkan dirinya mulia dan tertanda bahwa tak sembarangan orang yang boleh tahu seperti apa rambutnya.
    • Aduhai muslimah yakinlah,Dirimu ini mulia!

Selamat menggunakan hijab yang syar’i ya. Semoga senantiasa dalam berkahan dan limpahan rahmat dari-Nya. Aduhai muslimah, engkau ini permata.

Tidak segala orang bisa memilikimu.

Cuma orang-orang alternatif yang dapat mendapatkannya. Sungguh! Kau itu mulia teman muslimah