Pengertian Istiqomah Dan Contohnya Dalam Kehidupan

Diposting pada

Pengertian Istiqomah

Gudangpengertian.com – Salam sahabat semua pengertian istiqomah adalah suatu sikap teguh pendirian di mana kita senantiasa menjaga kontinyuitas dalam melakukan sesuatu hal. Baik itu suatu pekerjaan atau bahkan dalam hal percintaan. Lalu apa itu istiqomah dalam cinta, yaitu suatu sikap teguh pendirian dan tetap menjaga rasa cinta terhadap sesuatu fokus pada satu saja tidak beralih pada sesuatu hal yang lain.

Pengertian Istiqomah Dan Contohnya Dalam Kehidupan

Bagaimana agar selalu istiqomah ?, banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga sikap agar hal ini tetap terjaga salah satu nya adalah tetap optimis dengan sikap yang kita yakini tersebut adalah suatu kebenaran dengan merujuk pada data dan petunjuk yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Kenapa kita harus senantiasa istiqomah? sebab efek dari istiqomah ini sangat banyak manfaat nya untuk kita. Baik dari segi sudut pandang manusia hingga dari sudut pandang agama. Karena sikap istiqomah adalah sikap yang sangat terpuji dan sangat di sukai oleh sesama manusia.

Dengan tetap berpegang teguh pada prinsip dan keyakinan dalam segala hal baik dalam pekerjaan maupun dalam hal lainya, sangat dibutuhkan yang namanya sikap istiqomah ini.

Contoh Istiqomah Dalam Kehidupan Sehari-hari

Banyak contoh istiqomah dalam kehidupan keseharian kita misalkan :

  1. Kita sedang bekerja dalam sebuah perusahaan sebagai karyawan, tentunya pekerjaan ini penuh dengan tantangan namun karena kegigihan kita dengan  penuh semangat dan penuh tanggung jawab kita senantiasa terus berusaha untuk menyelesaikan apapun rintangan yang di hadapi demi suksesnya tanggung jawab dengan pekerjaan kita ini. Tanggung jawab menyelesaikan pekerjaan yang di emban ini bukan hanya semata-mata sebuah kewajiban suatu pekerjaan namun lebih menitik beratkan kepada sebuah amanah atau tanggung jawab dari sebuah pekerjaan tersebut.
  2. Jika kita mengimanai sebuah agama dan kita yakin bahwa agama tersebut adalah agama terbaik untuk kita sebagai sebuah pedoman hidup baik di dunia maupun diahirat, maka dengan apapun resiko yang timbul sebab dari keyakinan tersebut dan tetap teguh berpegang pada peraturan dan tatanan dalam beragama tersebut maka ini juga di kategorikan sebagai Istiqomah.

Demikian pengertian istiqomah semoga bermanfaat untuk kita semua. Silahkan lanjutkan dengan membaca artikel lainnya di sini :

Kritik dan saran membangun sangat admin harapkan sebagai wujud keperdulian sahabat semua. Terimakasih sudah berkunjung.