Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli, WHO Serta Tujuannya Lengkap

Diposting pada

Pengertian Kesehatan adalah dimana keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis.

Kesehatan
Pengertian Kesehatan

Kesehatan Menurut para ahli

  1. Perkins (1938)

Sehat adalah keadaan yang seimbang dan dinamis antara bentuk dan fungsi tubuh dan berbagai factor yang mempengaruhinya.

  1. WHO (1947)

Sehat adalah keadaan yang sempurna dari fisik , mental ,dan social, tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan.

  1. Putih (1977)

Sehat adalah keadaan dimana seseorang pada waktu diperiksa tidak mempunyai keluhan apapun ataupun tidak terdapat tanda-tanda suatu penyakit dan kelainan.

  1. Dua puluh (1983)

Sehat adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri( self care resources) yang menjamin tindakan untuk perawatan diri (self care action) merupakan pengetahuan ketrampilan dan sikap.

Self care action adalah merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukan untuk memperoleh , mempertahankan, dan meningkatkan fungsi psikososial dan spiritual.

  1. Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam musyawarah Nasional Ulama tahun 1983

Sehat adalah ketahanan ‘jasmaniah, ruhaniyah, dan sosial’ yang dimiliki manusia sebagai karunia Allah yang wajib disyukuri dengan mengamalkan tuntunan-Nya, dan memelihara serta mengembangkannya.

  1. Neuman 1982

Sehat adalah suatu keseimbangan biopsiko – sosio – cultural dan spiritual pada tiga garis pertahanan klien yaitu fleksibel, normal dan resisten.

  1. Menurut UU No.23 tahun 1992

Sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Menurut Undang-Undang

Tenaga kesehatan adalah siapapun yang mengabdikan diri dalam bidang ini serta memiliki pengetahuan, dan atau keterampilan melalui pendidikan di bidang tersebut yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

Tujuan dan Ruang Lingkup

Tujuan, dan ruang lingkup kesehatan secara umum

  • Pertama Melakukan koreksi atau perbaikan terhadap segala bahaya, dan ancaman pada kesehatan, dan kesejahteraan hidup manusia.
  • Kedua Melakukan usaha pencegahan dengan cara mengatur sumber-sumber lingkungan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan, dan kesejahteraan hidup manusia.
  • Ketigga Melakukan kerja sama, dan menerapkan program terpadu di antara masyarakat, dan institusi pemerintah serta lembaga nonpemerintah dalam menghadapi bencana alam atau wabah penyakit menular.

Sedanngkan tujuan, dan ruang lingkup secara khusus meliputi

  • Usaha-usaha perbaikan atau pengendalian terhadap lingkungan hidup manusia, yang di antaranya berupa
  • Menyediakan air bersih yang cukup, dan memenuhi persyaratan kesehatan.
  • Makanan serta minuman yang diproduksi dalam jumlah besar, dan dikonsumsi secara luas oleh masyarakat.

Pencemaran udara yang diakibatkan oleh sisa pembakaran BBM, batubara, kebakaran hutan, dan gas beracun yang berbahaya bagi kesehatan, serta makhluk hidup lain, menjadi penyebab terjadinya perubahan ekosistem.

Artikel Lain => Pengertian Neraka Bagi Masyarakat Mesir Kuno

Limbah cair, dan juga padat yang berasal dari rumah tangga, pertanian, peternakan, industri, rumah sakit, dan lain-lain.

  • Kontrol terhadap arthropoda dan rodent yang menjadi fakktor penyakit dan cara memutuskan rantai penularan penyakitnya.
  • Perumahan yang layak huni, dan memenuhi syarat kesehatan`
  • Kebisingan, radiasi, dan kesehatan kerja.

Menurut WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 1948, adalah sebagai suatu keadaan fisik, mental, dan sosial kesejahteraan dan bukan hanya ketiadaan penyakit atau kelemahan

Semoga Artikel ini bermanfaat. Gudang Pengertian mengucapkan terimaksih atas kunjungannya dan silahkan baca artikel lain yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.