Pengertian Kolokium Menurut Para Ahli Dan KBBI Lengkap Dengan Jenis-Jenisnya

Diposting pada

Pengertian Kolokium Menurut Para Ahli

KOLOKIUM
KOLOKIUM

Wikipedia

Pengertian Kolokium ; Dalam dunia akademis, adalah temu wicara yang biasanya akan berisi kuliah yang diberikan oleh anggota dari komunitas akademik tentang pekerjaan seorang teman yang bekerja di bidang terdekat.

Pendengar diharapkan untuk mengajukan pertanyaan dan mengevaluasi pekerjaan yang diberikan. kolokium ini juga menyediakan ulama inspirasi inspirasi untuk memulai tahap baru.

Dalam hal hukum, temu wicara adalah bagian dari keluhan untuk fitnah atau salah tuduhan bahwa penggugat menegaskan bahwa tuduhan yang melibatkan dirinya.

KBBI

kolokium/ko·lo·ki·um/ pertemuan keahlian; seminar; kegiatan belajar  yang dilakukan pada tataran pendidikan sarjana dan dilakukan dalam bentuk seminar untuk membahas proyek penelitian bertaraf lanjutan

Jenis-Jenisnya

Pengertian Diskusi

Kata diskusi berasal dari bahasa Latin discutio atau discusum yang berarti bertukar pikiran. Dalam bahasa Inggris digunakan kata discussion yang berarti perundingan atau pembicaraan. Sehingga dapat disimpulkan, diskusi adalah proses interaksi dan bertukar pikiran yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang membahas suatu topik permasalahan untuk mencari solusi sehingga menghasilkan kesepakatan bersama.

  1. Jenis-jenis Diskusi
  2. Diskusi Meja Bundar

Jika jumlah diskusi tidak terlalu banyak (5 – 10 orang)

Bacaan Menarik Lainnya : Pengertian Lingkungan Hidup Secara Umum Dan Menurut Para Ahli

  1. Diskusi Kelompok

Jika peserta banyak dan yang didiskusikan bermacam-macam, diskusi dapat dilaksanakan dalam kelompok-kelompok. Tiap kelompok dipimpin oleh seorang ketua (kelompok).

  1. Diskusi Panel

Diskusi panel merupakan forum pertukaran pikiran yang dilakukan oleh sekelompok orang di hadapan sekelompok pendengar mengenai suatu masalah tertentu yang telah dipersiapkan sebelumnya. Diskusi dipimpin oleh seorang moderator.

  1. Seminar

Seminar merupakanpertemuan ilmiah yang dengan sistematis mempelajari suatu topik khusus di bawah pimpinan seorang ahli dan berwenang dalam bidang tersebut.

  1. Konferensi

Konferensi sebagai salah satu  bentuk diskusi yang mengacu kepada diskusi untuk pengambilan tindakan. Konferensi bertujuan membuat suatu keputusan yang akan diikuti dengan tindakan berdasarkan keputusan tersebut.

  1. Lokakarya

Lokakarya yaitu pertemuan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan peserta dengan menggunakan berbagai jenis metode pertemuan.

  1. Rapat Kerja

Rapat kerja adalah suatu pertemuan wakil-wakil eselon suatu badan/instansi untuk membahas suatu masalah sesuai dengan tugas/fungsi badan/instansi yang bersangkutan untuk mendapatkan keputusan mengenai masalah yang sedang dihadapi.

  1. Simposium

Simposium merupakan pertemuan terbuka dengan beberapa pembicara yang menyampaikan ceramah pendek mengenai aspek yang berbeda tetapi saling berkaitan tentang suatu masalah.

  1. kolokium

Beberapa anggota diundang untuk memberi jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan pendengar tentang topik yang ditentukan. Bedanya dengan simposium, dalam kolokium para anggota tidak mengajukan makalah.

  1. diskusi

Beberapa anggota diundang untuk memberi jawaban terhadap pertanyaan yang diajukan pendengar tentang topik yang ditentukan. Bedanya dengan simposium, dalam kolokium para anggota tidak mengajukan makalah.

  1. Mangkuk ikan

Panitia menyediakan kursi dalam bentuk setengah lingkaran. Ketua duduk di kursi yang di tengah menghadap ke pendengar. Kursi yang ada di sebelah kepala diduduki oleh para ahli dan yang di sebelah kanan kosong. Setelah kepala memberi penjelasan, mereka yang ingin bertanya maju dan duduk di kursi kosong dan mengajukan pertanyaan yang akan dijawab oleh para ahli. Kemudian para penanya harus bergantian maju dan duduk dikursi yang kosong.

  1. Brainstroming

Dalam metode ini, suatu persoalan diajukan dan peserta diminta mengemukakan saran secara cepat dan spontan. Semua dicatat di papan tulis atau pada kertas. Pada dasarnya, semua masukan diterima. Kemudian, seluruh kelompok mengevaluasi masukan-masukan tersebut.

  1. banteng Sesi

Diskusi ini bersifat informal. Pada umumnya, diskusi informal ini tidak dipimpin dan ada kemungkinan lebih efektif untuk digunakan pada waktu senggang.

Hal-hal yang perlu Diperhatikan dalam Diskusi

  • Harus berlangsung pada suasana yang terbuka artinya semua pihak yang terlibat siap menerima dan member informasi kepada siapapun.
  • Tiap peserta harus berpartisipasi penuh artinya tiap peserta mengambil bagian dalam proses diskusi masing-masing menjadi pendengar yang baik dan pembicara yang baik.
  • Selalu ada bimbingan dan kontrol artinya ketua senantiasa mengadakan bimbingan dan kontrol agar diskusi tetap berjalan pada arah dan relnya.
  • Perdebatan harus didasarkan pada argumentasi kontra argumentasi bukan emosi kontra emosi artinya diskusi yang mencari jalan penyelesaian.
  • Pengajuan pertanyaan harus jelas dan singkat dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
  • Tidak adanya pemborong atau monopoli, diskusi yang baik adalah diskusi yang berlangsung dalam suasana demokratis semua pihak mempunyai hak yang sama.
  • Selalu ada kesimpulan yang disepakati dan sesuai dengan kenyataan.
  • Hand Phone harus disilent-kan