Pengertian Negosiasi Dilengkapi Dengan Tujuan Dan Manfaatnya

Diposting pada

Salam buat sahabat semua, kali ini admin akan membahas mengenai Pengertian Negosiasi, kalimat ini bisa di lihat dari kata “negosiasi” berasal dari bahasa Inggris yaitu dari kata “to negotiate dan to be negotiating” yang dapat diartikan “merundingkan”,yang kemungkinannya membicarakan mengenai suatu kondisi, atau menawar. Kemudian dari pengertian negosiasi, kata turunannya antara lain “negotiation” yang artinya menunjukan aktivitas untuk berunding atau merundingkan, membicarakan mengenai hal untuk di setujui dengan orang lain, dan kata “negotiable” yang artinya mungkin dapat dibicarakan, dapat di rundingkan, dan dapat ditawar. Pengertian Negosiasi adalah sebuah bentuk interaksi sosial, saat pihak-pihak yang terlibat sesuatu hal berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan.

Menurut kamus Oxford, negosiasi adalah suatu cara untuk mencapai suatu kesepakatan melalui diskusi formal.

Pengertian Negosiasi merupakan suatu proses saat dua pihak mencapai perjanjian yang dapat memenuhi kepuasan semua pihak yang berkepentingan dengan elemen-elemen kerjasama dan kompetisi. Termasuk di dalamnya, tindakan yang dilakukan ketika berkomunikasi, kerjasama atau memengaruhi orang lain dengan tujuan tertentu.Contoh kasus mengenai negosiasi, seperti Christopher Columbus meyakinkan Ratu Elizabeth untuk membiayai ekspedisinya saat Inggris dalam perang besar yang memakan banyak biaya atau sengketa Pulau Sipadan-Ligitan antara Indonesia dengan Malaysia.

 Pengertian Negosiasi

Penjelasan tentang pengertian negosiasi

Pengertian negosiasi secara umum adalah suatu bentuk interaksi sosial antara pihak–pihak yang terlibat yang berusaha untuk saling menyelesaikan tujuan yang berbeda dan bertentangan. Atau definisi negosiasi secara formal yaitu bentuk pertemuan bisnis antara 2 (dua) pihak ataupun lebih yang bertujuan untuk mencapai suatu kesepakatan dalam berbisnis. Negosiasi juga merupakan perundingan antara 2 (dua) pihak yang dimana didalamnya terdapat proses memberi, proses menerima, dan proses tawar-menawar.

Tujuan negosiasi

Terdapat beberapa tujuan dari negosiasi khususnya dalam berbisnis, yaitu antara lain:

  • Yang pertama, untuk mendapatkan atau untuk mencapai kata sepakat yang mengandung kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan.
  • Yang kedua, yaitu untuk mencapai kondisi penyelesaian dan menemukan jalan keluar dari masalah yang sedang dihadapi bersama.
  • Dan yang terakhir, yaitu untuk mencapai kondisi yang saling menguntungkan dimana masing-masing pihak merasa menang (win-win solution) atau semua pihak merasa diuntungkan.

Manfaat negosiasi

Setelah kita mengetahui tujuan dari negosiasi, lalu berikut ini manfaat dari negosiasi: Manfaatnya yaitu untuk menciptakan jalinan kerja sama antara badan usaha, institusi ataupun perorangan dalam melakukan suatu kegiatan dan usaha bersama atas dasar saling pengertian. Dengan terjalinnya kerjasama diantara kedua belah pihak inilah maka dapat tercipta transaksi bisnis yang saling terkait, sehingga dapat membuat hidup perekonomian. Karena suatu proses negosiasi bisnis merupakan bagian dari suatu proses interaksi guna untuk menghidupkan perekonomian dalam skala yang lebih luas.

Di dalam perusahaan, sebuah proses negosiasi dapat memberikan manfaat yaitu untuk menjalin hubungan bisnis yang lebih luas dan juga untuk mengembangkan pasar, yang diharapkan dapat memberikan peningkatan pada penjualan. Proses negosiasi bisnis juga akan menghasilkan harga yang lebih baik dan lebih efesien, yang tentunya dapat memberi keuntungan yang lebih besar. Dalam jangka yang panjang hal ini akan memberikan kemajuan dari sebuah perusahaan.