Pengertian Syariah Menurut Para Ahli Juga Asal Kata Lengkap Dan Jelas

Diposting pada

Pengertian Syariah; Defenisi Syariah Secara etimologi syariah berarti aturan atau ketetapan yang Allah perintahkan kepada hamba-hamba-Nya, seperti: puasa, shalat, haji, zakat dan semua kebajikan. Kata syariat berasal dari kata syar’a al-syai’u yang berarti menjelaskan atau menjelaskan sesuatu.

Pengertian Syariah
                                                          Pengertian Syariah

Pengertian Syariah Di Lihat Dari Asal Katanya

Pengertian Syari’ah berasal dari kata syir’ah dan syariah yang berarti suatu daerah yang dihasilkan sarana untuk mengambil air secara seketika sehingga orang yang mengambilnya tidak memerlukan bantuan alat lain.

Syariat dalam istilah syar’i peraturan Allah yang disyariatkan kepada hamba-hamba-Nya, bagus peraturan dalam Al-Qur’an dan sunnah nabi Saw dari perkataan, tindakan dan penetapan.

Pengertian Syari’ah, Syariat dalam penjelasan Qardhawi yaitu aturan-aturan Allah yang ditentukan berdasarkan dalil-dalil Al-Qur’an dan sunnah serta dalil-dalil yang berhubungan dengan keduanya seperti ijma ‘dan qiyas.

Syariat Islam dalam istilah yaitu apa-apa yang disyariatkan Allah kepada hamba-hamba-Nya dari keyakinan (aqidah), ibadah, etika, muamalah, cara hidup dengan dimensi yang berbeda-beda untuk meraih keselamatan di dunia dan akhirat.

Demikian juga istilah “peraturan Islam” tak jarang diidentikkan dengan kata norma Islam dan ajaran Islam. Dengan demikian, padanan kata ini dalam bahasa Arab barangkali yaitu kata “al-syari’ah”.

Tetapi, ada juga yang mengistilahkan kata peraturan Islam dengan norma yang berhubungan dengan tingkah laku, yang padanannya barangkali yaitu “al-fiqh”.

Penjabaran Secara Luas

Penjabaran lebih luas bisa dibeberkan sebagai berikut: bahwa bila diidentikkan dengan kata “al-syari’ah”, peraturan Islam secara lazim bisa diistilahkan dalam arti luas dan dalam arti sempit.

Syari’ah Dalam Arti Luas, Dalam arti luas “al-syari’ah” berarti semua ajaran Islam yang berupa norma-norma ilahiyah, bagus yang mengontrol perilaku batin (cara kepercayaan / doktrinal) maupun perilaku beton (sah-formal) yang individual dan kolektif.

Dalam arti ini, al-syariah identik dengan din, yang berarti mencakup semua cabang pengetahuan keagamaan Islam, seperti kalam, tasawuf, tafsir, hadis, fikih, masukan fikih, dan seterusnya. (Akidah, Pekerti dan Fikih).

Syari’ah Dalam Arti Sempit

Dalam arti sempit al-syari’ah berarti norma-norma yang mengontrol cara tingkah laku individual maupun tingkah laku kolektif. Menurut pengertian ini, al-syari’ah dikendalikan cuma mencakup ilmu fikih dan masukan fikih. Syari’ah dalam arti sempit (fikih) itu sendiri bisa dibagi menjadi 3 bidang:

  1. Ibadah
  2. mu’amalah
  3. uqubah

Perbedaan Syari’ah dan Fikih

Abu Ameenah menambahkan tiga perbedaan lain antara syari’ah dan fiqh, yaitu: Pertama, Syari’ah yaitu aturan yang diwahyukan Allah yang ada dalam al-Qur’an dan sunah.

Sementara fiqh yaitu peraturan yang disimpulkan dari syari’ah yang merespons situasi-situasi tertentu yang tidak secara seketika dibahas dalam aturan syari’ah.

Baca Juga :

Kedua, syari’ah yaitu pasti dan tidak berubah, sementara fiqh berubah cepat dengan kondisi dan situasi dimana diterapkan. Ketiga, peraturan syari’ah sebagian besar bersifat umum;

Meletakkan prinsip-prinsip dasar, sebaliknya peraturan fiqh cenderung spesifik; menampilkan bagaimana prinsip-prinsip dasar syari’ah bisa diterapkan pantas dengan keadaan.

Akan tetapi, meskipun sebenarnya makna syari’ah dan fiqh memiliki perbedaan, tetapi kemudian diterjemahkan secara longgar sebagai ‘aturan Islam’.

Pengertian Syariah Berdasarkan Para Ahli

Pengertian Syariah oleh sebagian ahli dan penulis aturan islam:

  • Menurut Fyzee (1965),
    • pengertian syariah sama dengan Canon of law, yaitu keseluruhan instruksi Tuhan. Setiap tiap instruksi Tuhan dinamakan peraturan. Aturan Allah SWT tidak mudah dipahami dan syariah itu mencakup semua tingkah laku manusia.
  • Agdires
    • memberikan definisi syariah sebagai sesuatu yang tidak akan dikenal adanya, bila tidak ada wahyu Tuhan.
  • Hanafi (1984)
    • pengertian syariah yaitu peraturan shukum yang diadakan oleh Tuhan untuk hamba-hamba-Nya yang dibawa oleh salah seorang Nabi-Nya.
    • Bagus peraturan-peraturan tersebut berhubungan dengan cara mengadakan tindakan, yaitu yang disebut sebagai , “peraturan peraturan cabang dan amalan”/ Dan untuk itu maka kepercayaan (i’tikad) yaitu yang disebut sebagai “peraturan peraturan pokok atau keimanan, yang terhimpun dalam kajian ilmu kalam.
  • Ashshiddieqy,
    • pengertian syariah sebagai nama bagi peraturan yang ditentukan Allah untuk para hamba-Nya dengan perantaraan Rasulullah, agar tiap hamba melaksanakan dengan kebijakan imam, bagus peraturan itu tentang amaliyah lahiriyah maupun etika dan aqidah keyakinan yang bersifat batiniah.
  • Rosyada,
    • definisi syariah yaitu menetapkan norma norma peraturan untuk merapikan kehidupan manusia bagus dalam hubungannya dengan Tuhan maupun dengan umat manusia lainnya.
  • Zuhdi (1987),
    • pengertian syariah yaitu peraturan yang ditentukan Allah via Rasul-Nya untuk hamba-Nya agar mereka menaati peraturan itu atas dasar imam, bagus yang berhubungan dengan aqidah, amaliyah, dan yang berhubungan dengan etika.

Terimakasih sudah berkunjung di gudangpengertian.com semoga ini bermanfaat untuk kita semua.