Pengertian Transmisi Mobil Manual dan Cara Kerjanya

Diposting pada

Pengertian Transmisi Mobil Manual dan Cara Kerjanya, Pada setiap kendaraan bermotor pasti selalu dibekali dengan komponen Transmisi, baik itu Transmisi manual ataupun yang sedang booming sekarang yaitu Transmisi matic (otomatis). Fungsi utama dari komponen ini adalah untuk mengatur percepatan sebuah kendaraan bermotor yang dihasilkan oleh putaran mesin.

Transmisi Mobil Manual dan Cara Kerjanya

Pengertian Transmisi Mobil Manual dan Cara Kerjanya

Pengertian Transmisi Manual
Transmisi Manual merupakan sebuah sistem perpindahan percepatan yang dilakukan secara bertahap menggunakan bantuan tuas Transmisi. Terdiri dari gigi paling rendah 1 sampai yang paling tinggi 5-6. Dan untuk mobil ada juga yang dinamakan gigi parkir atau atret berfungsi untuk membuat mobil berjalanan mundur kebelakang. Untuk melakukan perpindahan percepatan pada Transmisi manual kita memerlukan bantuan kopling, dan tidak demikian jika dengan Transmisi Matic.

Komponen Transmisi manual terdiri dari berbagai macam gigi ada gigi susun, syncromesh, serta gigi utama yang tersusun rapih di dalam gear box (kotak gigi). Untuk mengurangi terjadinya gesekan antara gigi satu dengan yang lainnya, Transmisi manual memerlukan pelumas khusus dengan standar SAE 90.

Pengertian Transmisi Mobil Manual dan Cara Kerjanya

Transmisi Mobil Manual dan Cara Kerjanya

 

Beberapa Jenis Transmisi Manual
Dilihat dari sistem perpindahan gigi nya, Transmisi manual terdiri dari 3 macam sistem dan berikut penjelasannya:

-Tipe Sliding Mesh.
-Tipe Constant mesh.
-Tipe Sincromesh.

Tipe Sliding Mesh

Transmisi jenis ini merupakan Transmisi dengan cara kerja memindahkan gigi input dan output secara langsung. Jarang sekali mobil yang menggunakan Transmisi jenis ini, karena memang memiliki banyak kekurangan dalam cara kerjanya. Diantaranya adalah karena mengelurakan suara yang kasar saat perpindahan gigi, perpindahan gigi membutuhkan waktu yang cukup lama, hanya dapat menggunakan salah satu dari roda gigi.

Tipe Constant Mesh

Transmisi tipe constant mesh merupakan sistem transmisi manual yang cara kerjanya memerlukan bantuan dari kopling geser. Sebagai alat untuk membantu perpindahan tenaga dari poros input ke poros output. Jadi antara roda gigi input dan output selalu berhubungan atau berkaitan satu sama lain. Meskipun demikian antara poros roda gigi output tidak dan poros out put dari transmisi itu sendiri tidak sejajar. Disinilah peran dari kopling geser dibutuhkan sehingga terjadi perpindahan gigi atau percepatan.

Transmisi Tipe Sincromesh

Transmisi Tipe Sincromesh adalah transmisi yang banyak digunakan pada mobil masa kini. Transmisi jenis ini sangat nyaman dalam penggunaannya, tidak mengeluarkan suara yang kasar. Karena cara kerja dari sistem Transmisi jenis ini adalah dengan cara menyamakan putaran antara gigi input percepatan dengan gigi output.

Demikian lah artikel tentang Pengertian Transmisi Mobil Manual dan Cara Kerjanya, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih atas perhatiannya, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan.